BPJS Kesehatan Sosialisasi ke Desa

BPJS Kesehatan Sosialisasi ke Desa

CURUP, Bengkulu Ekspress - Dalam rangka mewujudkan cita-cita jaminan kesehatan semesta (universal health coverage) melalui program JKN-KIS dari BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan Cabang Curup melakukan sosialisasi hingga ke tingkat desa.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Syafrudin Imam Negara SSi menjelaskan, kegiatan jemput bola dan sosialisasi hingga ke tingkat desa tersebut mereka lakukan menggunakan Mobil Care Service (MCS).

\"Untuk mensosialisasikan program JKN-KIS kita membuat program menyambangi desa-desa dengan mobil care service,\" sampai Imam saat dikonfirmasi Selasa (9/10) kemarin.

Menurut Imam, karena keterbatasan mobil yang mereka miliki, sehingga program layanan yang menggunakan MCS baru bisa mereka lakukan di Kabupaten Rejang Lebong dari empat kabupaten yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Curup yaitu Kabupaten Rejang Lebong, Lebong, Kepahiang dan Bengkulu Utara.

\"Untuk daerah lain kita juga ada program mengelilingi desa, namun tidak menggunakan mobil khusus seperti di Rejang Lebong ini,\" tambah Imam.

MCS milik BPJS Kesehatan Cabang Curup tersebut telah mereka operasikan sejak Bulan April lalu, hingga saat ini sudah ada 18 desa yang telah mereka kunjungi. Desa-desa yang mereka kunjungi terutama desa yang jauh dari kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup seperti diwilayah Kecamatan Kota Padang.

Untuk mendatangi desa-desa yang ada di Rejang Lebong tersebut, Imam mengaku mereka akan menunggu kesediaan dari kepada desa yang akan mereka datangi. Bila pihak desa bersedia mengumpulkan masyarakat untuk mendapat sosialisasi dari BPJS Kesehatan maka petugas dari BPJS Kesehatan langsung menuju ke lokasi.

\"untuk mendatangi desa-desa kita harus meminta persetujuan Kadesnya dulu, kalau Kadesnya siap maka kita akan langsung turun,\" papar Imam.

Dalam kegiatan menyambangi desa tersebut, menurut Imam selain mensosialisasikan tentang manfaat dari program JKN-KIS yang mereka kelola BPJS Kesehatan. Selain itu mereka juga mengedukasi kepada masyarakat yang sudah terdaftar namun kesadaran untuk membayar iuran bulanannya masih rendah, dengan kegiatan tersebut diharapkan kesadaran masyarakat untuk membayar iuran JKN-KIS akan meningkat.

\"Dalam kegiatan ke desa-desa ini, kita juga membuka layanan pendaftran dan pembayaran iuran, karena dalam program ini kita juga bekerjasama dengan agen PPOB,\" terang Imam.

Terkait dengan program tersebut, Imam mengaku disambut baik oleh masyarakat Rejang Lebong. Bahkan untuk di Desa Karang Jaya Kecamatan Selupu Rejang, setelah mendapat sosialisasi dari BPJS Kesehatan, masyarakat yang belum terdaftar sepakat untuk melakukan pendaftaran secara kolektif ke BPJS Kesehatan. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: